Saya, Perdamaian, dan Board Game


Halo teman-teman setelah sekian lama baru lagi nulis di blog ini. Jika diibaratkan rumah sepertinya sudah berdebu dan berhantu wkwkwk

Mungkin ada yang nanya, kenapa baru nulis lagi?. Jadi beberapa bulan belakangan ini, saya sibuk untuk studi karena ujian padet banget sih hehehe

But it’s not the point hehehe
Agustus 2018, saya terpilih menjadi perwakilan Kota Makassar bersama 4 teman saya yaitu Akbar, Abu, Alfar, dan Yayu untuk mengikuti Training of Facilitator Board Game for Peace 2.0 di Kota kembang, Bandung selama 5 hari. Project ini akan diselenggarakan 12 Kota di Indonesia. Sempat sih waktu sebelum daftar bilangnya seperti ini “yah lumayan untuk mengisi waktu luang sebelum wisuda kan”.
Team Makassar saat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Agustus 2018.

Setelah kami berlima Training, kami ditugaskan untuk melaksanakan sebanyak empat kali training di kota masing-masing selama bulan september sampai november mendatang dengan cakupan 124 orang.

ABOUT OUR PROGRAM
Board Game for Peace 2.0
(Dok: @peacegenid)

Program ini diinisiasi oleh Peace Generation Indonesia yang bekerjasama PPIM UIN Syarif Hidayatullah dan UNDP Indonesia dalam proyek CONVEY Indonesia. Tahun 2018 ini merupakan tahun kedua penyelenggaran yang melibatkan lebih banyak anak muda yang memiliki latar belakang yang berbeda baik itu siswa ataupun mahasiswa.

Mengapa Peace Generation menyelenggarakan kembali program ini ?

Karena banyaknya fenomena radikalisme dan kekerasan ekstremisme yang dilakukan oleh dan kepada anak muda itu sendiri, maka Peace Generation Indonesia berinisiatif melanjutkan pelatihan kreatif ini sebagai salah satu upaya untuk memperkuat narasi keagamaan damai di kalangan anak muda melalui media kreatif seperti Board Game. Program ini mencakup kegiatan pelatihan di sekolah, universitas, komunitas, dan organisasi anak muda lainnya.
Skala tindakan dari berbahaya sampai bahagia

Pada pelatihan ini nantinya peserta akan dibekali dengan pendidikan perdamaian yang disampaikan melalui berbagai metode kreatif, seperti board game, berbagai video edukasi, dan modul interaktif. Pokoknya seruuu abiss dah! Dijamin!

STORY OF CHANGE 
 
Board Game for Peace 1.0 Makassar - 2017
(Dok: @peacegenid)
Tahun 2017 adalah tahun dimana saya mengenal dunia perdamaian melalui Training Board Game for Peace 1.0 Makassar. Sebelum itu, saya adalah orang yang sering melakukan tindakan pembullyan terhadap kaum minoritas seperti orang yang gemuk ataupun orang yang warna kulit gelap, apapun yang saya merasa tidak kebanyakan saya temui pada orang-orang pasti saya lakukan hal itu. Dulu pun saya termasuk orang yang suka emosi dalam menanggapi akan masalah yang terjadi pada diri saya dan lingkungan saya. 

Mungkin ada yang bertanya “tau Board Game for Peace dari mana?” jadi dulu itu saya lagi libur kuliah dan waktunya ada 1 bulan. Pasti kejenuhan akan datang pada diri kita sendiri. Informasi mengenai BGFP ini saya dapatkan di media sosial, yah yang awalnya ingin mengisi kekosongan saja pada waktu itu. 

Mengikuti kegiatan training selama 2 hari 1 malam, saya dihadapkan dengan banyak pembelajaran serta cerita-cerita dari korban Bully yang bunuh diri sampai ada cerita kerabat terdekat yang disudutkan sama teman-temannya terekrut memasuki pusaran kelompok kekerasan ekstrem dan itu membuat diri saya menitihkan air mata pada saat itu. Yang saya bayangkan sih ketika bagaimana jika adik saya sendiri diposisi orang itu dan hal itu tidak ingin saya dapatkan dikehidupan saya. 

Perubahan drastis memang saya rasakan pada saat ini dan itu juga dirasakan oleh teman-teman saya, yang awalnya saya suka bilang,

“Lawan aja kalo ditindas, gak usah banyak bicara lagi” 

berubah menjadi “sepertinya kita harus mediasi dulu deh, gak usah main keras dulu kan”.

Yang dulunya saya suka emosi berat sekarang udah bisa mengontrol diri. Alhamdulillah sekarang saya bisa membagikan dan memotivasi orang-orang untuk bergerak bersama dalam gerakan perdamaian seperti mengajak teman-teman di komunitas bermain Board Game, tiap pekan biasanya ke Car Free Day bermain bersama masyarakat dan masih banyak lagi. 

BOARD GAME FOR PEACE

Tahun 2018 ini, Board Game nya ada dua yaitu Galaxy Obscurio dan The Rampung. Tiap Board Game memiliki objektif yang berbeda-beda dan tentunya value nya tentang 12 nilai dasar perdamaian yang terkait dengan fenomena violence exteremism. 
Board Game "Galaxy Obscurio"
(Dok: @bgfp2samarinda)

 
Board Game "The Rampung"
(Dok: @peacegenid)
Sepertinya saya tidak bisa menjelaskan apa saja objektifnya, komponen permainan, cara permainan, dan ataupun valuenya. Soalnya kalau dibongkar sekarang yah gak asiquee dong wkwkwk.

Jika teman-teman mau tau seperti apa program kami. Kuyy buat kalian para Mahasiswa kita akan melakukan open recruitment peserta dan ini merupakan training terakhir di kota makassar!!! Awal november akan kami buka pendaftarannya kok, pantau terus instagram @bgfp2makassar atau instagram saya juga boleh @akhmadrezkypra hehehe.

Oke, selamat menunggu teman-teman hehehe

Fasilitator Makassar for BGFP 2.0
(Siapa tau pengen tau siapa aja kan~ hehehe)


Salam Damai~


1 Comments

  1. ihiiiii, aku suka aku sukaaaa. *note: ndd stiker bulan disini. hmmm

    BalasHapus