Fagetti Penuhi Kriteria Sebagai Supplier Marmer Terbaik di Indonesia


 "Hari ini kita kuis ya!"

Kalimat diatas sungguh bikin kita sekelas seketika shock. Bagaimana tidak, tiap hari dosen memberikan surprize yang sungguh tiada tara.

***

Setiap pertemuan, Ibu Rani, dosen mata kuliah Manajemen Proyek selalu membuat tegang ketika di depan kelas. Kami para mahasiswanya sudah tahu polanya. Sesekali kami dibuat stres dengan tugasnya yang makin banyak tiap habis selesai kelas. 

Pertemuan sebelumnya, beliau memberikan tugas studi kasus tentang 5M, yakni Man, Material, Methods, Machine, Money. Maka dari itu, pertemuan selanjutnya kami dapat kuis tiba-tiba mengenai pengandalian material produksi.

Menurutku, material merupakan salah satu sub-materi yang sangat banyak untuk dipelajari. Apalagi bahas mengenai metode yang dipakai ketika menentukan material yang baik misalnya AHP (Material Hierarchy Process), metode ini membutuhkan banyak kajian sedangkan kami diberi waktu 75 menit untuk menyelesaikan kuis tersebut.

Dalam dunia industri, material termasuk 5 (lima) elemen penting manajemen proyek. Material ini tidak kalah pentingnya dengan peranan Man (manusia), selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan material sebagai suatu sarana. Sebab materi dan manusia tidak dapat dipisahkan, tanpa materi yang baik tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki. Maka dari itu pentingnya penggunaan material bermutu dan terstandarisasi dengan cara controling dan monitoring yang baik. 

Konsep yang baik bukanlah semata-mata tolok ukur apakah sebuah bangunan bermutu atau tidak. Setidaknya pihak owner harus mempertimbangkan kepada siapa ia mempercayakan supplier materialnya, termasuk detail pemilihan bahan material yang premium.

"Ibaratkan ingin bikin kue, kalian mau kan kuenya enak dan berkualitas. Nah caranya gimana? kalian harus melakukan pengendalian material yang baik. Mana bahan yang yang bermutu untuk kalian pakai." Ujar Ibu Rani.

Ngomong-ngomong mengenai material premium, saat ini sudah banyak banget owner ataupun developer yang beralih ke marmer sebagai material yang kerap digunakan sebagai material bangunan.
 
Tantangan sebagai Mahasiswa Teknik Industri

Dosen memang unik. Pikirannya kadang sulit ditebak. Belum selesai yang satu, ada lagi yang baru. Bak mati satu tumbuh seribu.

Kamis manis yang terik. Saya sedikit agak telat masuk kuliah. Mandi tidak karuan karena sudah menunjukkan pukul 07.35 pagi sedangkan kelas dimulai pukul 08.00 pagi. Semalam memang saya telat tidur karena harus belajar untuk ujian mid semester pagi itu. Jika saya telat, otomatis saya tidak diikutkan dalam ujian, kan rugi begadang.

Saya bergegas, Alhamdulillah sampai tepat waktu. Saya mengira Ibu Rani sudah ada di kelas ternyata belum datang padahal sudah menunjukkan pukul 08.10 pagi. Selang beberapa waktu, tiba-tiba saja ketua tingkat berdiri depan kelas dan berkata, "Pagi teman-teman, hari ini saya dapat pesan whatsapp dari Ibu Rani katanya dia tidak masuk pagi ini karena lagi ada tugas dari jurusan ke Surabaya. Akan tetapi, sebagai pengganti kita diberikan tugas besar. Nanti akan saya kirim ke grup." pungkasnya.

Ternyata oh ternyata, kami diberikan tugas tentang kajian kriteria dalam sistem pemilihan pemasok material pada bangunan di kota Makassar. Artinya kita harus survey salah satu bangunan untuk tahu kriteria owner atau developer memilih pemasok material tersebut. Uh agak sulit yah.

Akhirnya Survey

"Bangunan apa ya yang unik di Makassar?" tanyaku dalam hati.

Saya sangat lama memikirkan tugas besarku ini. Namun belum ada satu pun yang terpikirkan. Akhirnya saya memutuskan untuk makan siang dulu di salah satu restoran junk food.

Habis makan siang, saya memutuskan singgah sholat sebelum pulang di salah satu Masjid perumahan elit dibilangan kota Makassar. Masjidnya tidak terlalu besar, akan tetapi begitu wangi, toilet yang bersih, tempat sholat sangat bersih, sejuk, apalagi soal arsitekturnya sangat elegan dan estetik. Bagaimana tidak, kilau indah minimalis menghiasi lantai dan dindingnya yang membuat orang susah move on.


Ide baru muncul, saya pun menjatuhkan pilihanku pada bangunan Masjid ini sebagai studi kasus tugas besarku. Masjid itu bernama Al Istiqamah.






Dinding dan lantai Masjid ini dihiasi oleh Marmer sebagai materialnya. Saya mencoba untuk mencari tahu siapa kiranya supplier marmer yang telah menorehkan maha karya indah ini. Setelah cek via daring, saya mendapatkan jawabannya. Exactly, ternyata oh ternyata supplier marmer tersebut adalah Fagetti, yang sudah terkenal sebagai supplier marmer utama dan terlengkap di Indonesia.  

Penasaran? jangan buru-buru pindah laman. Simak ulasan saya dalam beberapa paragraf ke depan yang saya kumpulkan di lapangan dan berbagai sumber.

Akan tetapi, sebelum itu, yuk pahami marmer itu sebenarnya apa sih? saya yakin beberapa diantara teman-teman belum begitu paham. 
Marmer merupakan salah satu batuan alam yang berasal dari batu kapur atau dolomit yang dibetuk langsung oleh alam secara alamiah. Mulai dari corak atau motif marmer hingga kandungan material marmer itu sendiri. Keunikan corak inilah yang memberikan nilai estetika dan kesan premium.
 





Tentu saja hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan supplier, yakni track record (nama baik) supplier itu sendiri. Sehingga dapat memberikan gambaran dalam menentukan supplier yang akan dipilih. Bukankah track record berbanding lurus dengan kualitas material?

Fagetti (PT Fajar Gelora Inti) hadir dengan mempersembahkan marmer berkualitas di Indonesia dengan tajuk The Art of Natural Stone. Fagetti memiliki berbagai pilihan marmer dan batu alam untuk desain arsitektur yang elegan dan premium.

Sejak berdiri pertama kali pada tahun 1986, Fagetti sampai saat ini terus berkomitmen untuk melayani setiap pelanggan dengan sepenuh hati dengan mempersembahkan sentuhan maha karyanya yang indah.


Maha karya Fagetti sudah mengantarkan sang founder, Ferdinand Gumanti mendapatkan penghargaan prestisius dari Antica Libera Corporazione Dell'Arte Della Pietra, Italia sebagai Master of Art Stone tahun 2014.


Melalui karyanya, Fagetti telah dipercaya menangani beragam jenis proyek prestisius dalam hal pemasangan batu alam. Fagetti telah melebarkan sayap mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Tangerang, Batam, Pekanbaru, Bali, Makassar, Papua dan lainnya melalui beberapa client yang terkenal. Client dan proyek yang dimiliki terdiri dari berbagai jenis bangunan elit seperti perumahan mewah, gedung, apartemen, perkantoran, hingga rumah ibadah.  

FAGETTI CLIENTS


FAGETTI PROJECTS


Beberapa diantara proyek prestisius yang pernah digarap Fagetti antara lain pemasangan batu alam di Menara Kompas Jakarta, SOHO SKYLOFT Ciputra World Surabaya dan Masjid Suciati Yogyakarta sebagai simbol kemegahan dari Fagetti.








Hal yang paling menjadi perhatian bagi owner atau developer dalam memilih supplier adalah kualitas material. Indikatornya sangat bermacam seperti kekuatan material, ketepatan jenis material, ketepatan ukuran hingga kemampuan memberikan kualitas yang konsisten.


Fagetti berkomitmen memposisikan diri sebagai total solution company yang mensuplai kebutuhan batu alam bagi client, memproses batu alam sesuai desain yang diminta client, melakukan instalasi batu alam berupa jenis dan motif yang terintegritas. Semua hal itu membuktikan bahwa Fagetti secara konsisten sebagai supplier marmer berkualitas.


Sebagai manusia pencinta gaya hidup minimalis, saya akan memperlihatkan beberapa jenis dan motif marmer yang minimalis di fagetti. Baca bagian selanjutnya, ya!
 

 BEBERAPA JENIS DAN MOTIF YANG UNIK NAN MINIMALIS DI FAGETTI


  • Marmer Onyx : jenis marmer yang terbilang unik. Marmer satu ini memiliki sifat jernih dan tembus cahaya. Kesan mewah yang diberikan marmer onyx tidak menyurutkan baik perorangan maupun developer berpaling untuk mendapatkannya. Jenis satu ini banyak digunakan pada meja, interior rumah, lantai dasar bahkaan aksesoris kamar mandi. Coffee Brown Onyx salah satu jenis yang dimiliki marmer satu ini yang paling banyak diminati karena kesannya yang kuno menjadi primadona dalam dunia desain interior. 
  • Marmer Travertine : marmer satu ini kesannya lebih soft, sangat cocok dipakai pada ruang tidur. Nah bagi kamu yang ada rencana pengen punya ruang tidur yang tidak terlalu strong tapi bermotif, jenis travertine sangatlah cocok. Memiliki permukaan yang mengkilap dengan berbagai pilihan warna diantaranya krem, cokelat dan abu-abu.
  • Marmer Limestone : marmer yang diincar banyak orang untuk dominasi perumahan. Selain warna dan coraknya yang indah, limestone memiliki sifat mudah dibersihkan dan teksturnya tidak licin bila terkena air. Jenis marmer satu ini sering dipakai untuk kamar mandi dan kolam renang.
  • Marmer Statuario : marmer satu inilah favorite saya! marmer putih nan elegan yang ternyata bisa memantulkan cahaya sedemikian rupa. Belum lagi dengan penampilannya yang super elegan dan terlihat mewah. Marmer statuario cukup digemari apalagi karena kualitasnya yang premium dan cukup langka. Marmer ini cocok banget rumah yang bergaya minimalis loh.


As a brand marmer premium of Indonesia, Fagetti menjadi perusahaan yang memiliki motif batu alam unik dan terlengkap sebanyak lebih dari 900 jenis batu alam. Semuanya tersimpan didalam pabrik seluas 23 hektare yang berlokasi di cibitung, Bekasi. Menjamin stok batu alam selalu tersedia dan siap dikirim tepat waktu.



Dalam memilih supplier material perlu mengetahui rekam ketepatan dalam proses pengiriman material pada supplier yang akan dipilih. Ketepatan waktu pengiriman material merupakan salah satu faktor yang menentukan kecepatan dalam proses pelaksanaan kerja konstruksi. 

Fagetti berkomitmen sejak awal pada seluruh client dalam pelayanan dan pemasangan marmer dapat terlaksana sesui tenggat waktu yang disepakati bersama. Semua jenis dan motif marmer pun ada beberapa yang tersedia karena sudah mengetahui schedule purchase client.


Soal inovasi, kita semua pasti tertarik. Inovasi mengartikan bahwa sebuah perusahaan memiliki integritas dan visi ke depan dalam mengembangkan produknya. Sebagai brand marmer premium, Fagetti berkomitmen selalu memberi trobosan baru lewat produk mereka. Mulai dari marmer tembus cahaya, menambah tekstur pada mermer polos menjadi bergaris dan bergelombang, sampai dengan membentuk marmer dengan desain 3D. 

Tak hanya itu, melalui high technology yang dimiliknya, Fagetti memiliki keunggulan yang sangat bisa diperhitungkan, diantaranya;


  • Memotong dengan kecepatan tinggi :  Dengan menggunakan gergaji multi wire, Fagetti menciptakan batu alam yang tadinya kasar diubah menjadi produk yang bernilai seni tinggi.
  • High Technology Machine Standardization : Komitmen yang tinggi didukung oleh alat dan konsep penunjang, salah satunya mesin yang digunakan berstandar internasional yang bernama 5-Axis 3D CNC dengan shapemill water jet technology. Dalam dunia industri, alat ini memotong berbagai bahan menggunakan campuran air dan zat abrasif sehingga akan menghasilkan potongan yang presisi.
  • Ukuran yang presisi : Fagetti menjamin ukuran yang presisi. Selain didukung alat yanng berteknologi tinggi, teknik komputerisasi dan pisau potongnya pun sangat baik.
  • Menghasilkan produk yang artistik : Teknologi yang dimilikinya menjawab kebutuhan pasar yang semakin termodernisasi baik untuk kebutuhan bangunan rumah sampai apartemen. Hasil yang dimilik juga tidak main-main sehingga Fagetti dijadikan supplier marmer utama dan terlengkap di Indonesia.



KOMITMEN MEMAJUKAN PEREKONOMIAN DAERAH




Dalam kiprahnya selama 33 tahun menjadi supplier marmer utama dalam maupun luar negeri, PT Fajar Gelora Inti menunjukkan komitmennya dalam memajukan perekonomian daerah melalui jalinan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Aceh untuk pembangunan pabrik dan pengelolaan batu alam di Aceh.

"Fagetti juga siap melakukan transfer of knowledge kepada puta-putri daerah Aceh agar dapat memiliki wawasan untuk membangun daerahnya sendiri". Kata Ferdinand Gumanti

Selain itu, Fagetti akan berencana melakukan pengembangan bisnis tambang batu alam yang melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan modal yang relatif kecil. 

Dengan capaian itu semua, tak salah bila saya simpulkan bahwa PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) ini sudah memenuhi kriteria sebagai marmer terbaik di Indonesia sesuai dengan apa yang saya pelajari di bangku kuliah. Ah jadi pengen punya rumah juga :")


***

Artikel ini diikutsertakan dalam Fagetti Blog Competition yang diselenggarakan oleh PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) bertema Fagetti sebagai Supplier Marmer Utama dan Terlengkap di Indonesia. Gambar bersumber dari PT PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) sedangkan olah grafis dilakukan secara mandiri oleh penulis.

15 Comments

  1. Wah! keren banget ini. fagetti mmg keren, jadi pengen punya rumah deh jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. semoga secepatnya ya :)
      jangan lupa pake marmer saja

      Hapus
  2. Marmernya bagus-bagus ya rez. baru tahu aku ternyata marmer beda ya sama keramik biasa. pantes aja pernah liat keramik tapi natnya kecil banget bahkan ada yg gak ada. terimakasih infonya ya!

    btw, ku suka mermer yang dipakai masjid suciati bagus ya, mewah banget itu emang sih di jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya. baru inget kamu di Jogja wkwkw. Mau kesana dong liat indahnya masjid itu :((

      Hapus
  3. Wah tulisan ini sangat membantu sekali dan menambah pengetahuan bagi orang-orang yang ingin mencari tau tentang marmer yang bagus dan berkulitas itu dimana...penjelasannya pun sangat detail.

    BalasHapus
  4. Good information!
    Thankyou rez, saya jadi tertarik untuk menjadi client Fagetti juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau kak Iyzu udah jadi Arsitek, bisa pesan kesini aja hehehe

      Hapus
  5. Perusahaan asal Indonesia ya. Saya kira dari Italia. Banyak juga corak yang dihasilkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu. saya juga awalanya mengira dari italia. tapi ternyata Indonesian Brand dong. tak kalah yah sama brand luaran sana

      Hapus
  6. Fagetti tak diragukan lagi,cocok banget nih buat yg mau buat proyek bangunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli yuk beli mba kontraktor heheheh fagetti bagus nih!

      Hapus
  7. Mantepp nih kak Arez
    Nambah wawasan soal marmer, dan baru tau juga sih kalau masjid al istiqomah itu supplier marmernya Fagetti.
    Buat aku yg awam banget soal pembahasan ini, keren sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah kesana ya? wahhh sejkkan? nyaman banget sih masjidnya gak panas hehe

      Hapus
  8. Waaah Arez makin kesini semakin berkembang blognya. So proud of you, Rez. Ini isi blognya benar-benar lengkap. Saya jadi teredukasi sendiri baca tentang marmer. :)

    BalasHapus